Forum Jaga Sawitan Gelar Rapat Perdana di Tahun 2024, Ini Yang Dibahas

Nasional

JAKARTA – Forum Jaringan Ketenagakerjaan untuk Sawit Berkelanjutan (JAGA SAWITAN) menggelar rapat perdana di tahun 2024. Hal itu dalam rangka evaluasi dan penyusunan program kerja tindak lanjut dari Workshop yang dilakukan di Bali belum lama ini.

Agenda rapat yang dilakukan di kantor ILO Jakarta pada, Jum’at (26/01/2024) ini dipimpin langsung oleh Presiden Jaga Sawitan, Nursanna Marpaung yang sekaligus Sekretaris Eksekutif Jejaring Serikat Pekerja Buruh Sawit Indonesia (JAPBUSI) beserta perwakilan federasi anggota JAPBUSI. Hadir juga dari Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Sumarjono Saragih selaku Ketua Bidang Pengembangan SDM beserta jajarannya.

Yunirwan Gah selaku Koordinator Proyek Nasional ILO untuk sektor kelapa sawit mengatakan bahwa dirinya menyambut baik atas rencan kerja JAPBUSI yang sudah disepakati bersama. Dan begitu juga dengan Jaga Sawitan, dirinya berharap jangkauan Jaga Sawitan bisa lebih diperluas dan memperkuat sampai di tingkat perusahaan.

“Jadi tidak hanya di tingkat Nasional, Jaga sawitan harus kita gaungkan sampai di tingkat perusahaan, sehingga kesan citra sawit yang selama ini dianggap buruk akan menjadi lebih baik kedepannya, dengan menonjolkan praktik-praktik baik di dunia ketenagakerjaan sektor sawit.” kata Yunirwan.

Sumarjono Saragih perwakilan GAPKI menekankan bahwa pentingnya mengambil momentum yang sangat bagus ini, Ia mengatakan bahwa tidak semua sektor industri lain bisa seperti Jaga Sawitan.

“Dalam kontek ini, Jaga Sawitan harus memulai pmemperkenalkan diri kepada lembaga-lembaga stakeholder sektor sawit, dimulai dari internal GAPKI sendiri terutama di cabang Daerah, sampai lembaga terkait ditingkat Nasional. Intinya rumah besar Jaga Sawitan ini harus secepatnya kita bawa ke publik.” jelas Sumarjono.

Sependapat dengan apa yang sudah diutarakan oleh ILO dan GAPKI, Nursanna Marpaung menegaskan bahwa dalam rapat kali ini rencana kerja Jaga Sawitan harus bisa lebih kongkrit lagi.

“Apa yang bisa kita lakukan dalam waktu dekat ini dalam rangka mewujudakan kerja layak di sektor sawit. Evaluasi dan rencana program kerja segera kita susun agar bisa cepat berjalan Jaga Sawitan ini.” ungkap Nursanna.

Rapat Jaga Sawitan ini sedianya akan membahas evaluasi dan rencana kerja kedepan diantaranya membentuk working group yang membidangi isu tertentu, membuat rencana kegiatan memperingati bulan K3 dan Gender, serta membuat rencana kegiatan audiensi dengan para pemangku kepentingan di sektor kelapa sawit.

Leave a Reply